Oleh: griyaibu | 25 September 2010

lari pagi..

didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat..

didalam jiwa yang kuat terdapat pemikiran yang jernih..

didalam pemikiran yang jernih terdapat tindakan-tindakan yang positif..

beberapa hari ini, saya memulai lagi kegiatan pagi hari saya dengan LARI PAGI..awalnya sulit sekali untuk memulai membiasakan diri bangun pagi, memakai sepatu olahraga, kemudian ke lapangan olahrga untuk LARI PAGI. Tetapi saya paksakan diri untuk terbiasa dengan kegiatan baru ini, kata teman saya “olahraga mas, biar gak merasa jenuh di pekerjaan, supaya kelihatan fresh..”, juga terinspirasi oleh penasehat spiritual saya (hehe..bahasanya keren.), karena beliau rajin berlari di pagi hari  dan sanggup menyelesaikan 5-6 putaran penuh (saya baru bisa 2 putaran penuh..) arena jogging meski sekarang usianya menginjak 60th..(bener gak ya..??)

Lari adalah olahraga yang menyehatkan dan juga murah yang tak butuh perlengkapan rumit. Berlari bisa dilakukan oleh siapa pun, tua, muda, kaya dan miskin (hal yang sering terjadi pada saya sewaktu kecil…dikejar anjing tetangga..hehe..) Menurut penelitian para ilmuwan, lari pagi dapat mencegah penyakit stress dan depresi. Dr. Keith W. Johnsgard, seorang pelari marathon, psikolog, dan penulis buku the Exercise Prescription for Depression and Anxiety, mengatakan bahwa peningkatan aliran darah dapat membuat kita lebih tenang menghadapi stress dan meregangkan otot-otot. Selain itu para ahli percaya bahwa pengeluaran beta-endorphin selama berlari bisa membantu meningkatkan mood (semangat). Hal yang sama terjadi pada wanita yang akan melalui masa menopause.

manfaat lainnya, antara lain :

  1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan,
  2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan,
  3. Menetralkan depresi,
  4. Membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan
  5. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, lari pagi membantu Anda memperbaikinya,
  6. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung,
  7. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif,
  8. Membuat tidur lebih nyenyak. (ini yang saya suka..)

Sekarang (sudah seminggu ini), saya jadwalkan dengan melakukan lari pagi 2 hari sekali. Yuk, mari berlari, supaya sehat dan bergairah, saya temani…

oleh dhona,

dari beberapa sumber.


Tinggalkan Balasan

Kategori

