Oleh: griyaibu | 30 Desember 2009

dunia itu indah….andai kita bisa melihatnya

suatu malam -diperumahan tempat saya tinggal- yang sepi, karena memang biasanya begitu, sepi. dalam kondisi seperti itu -sepi- suara yang kecil dan jauh akan terdengar dengan jelas (tergantung volume suara yang dihasilkan juga sih.). oya, dimalam yang sepi itu, samar-samar saya dengar suara ketukan ‘tek..tek….tek..tek….tek..tek….tek..tek’ terdengar berirama -dan sepertinya memang berirama- tinggi, rendah, tinggi, rendah……begitu seterusnya sampai suara itu menghilang.

malam berikutnya, saya tidak mendengar suara itu…tetapi, beberapa malam berikutnya kembali saya dengar suara unik itu lagi, dan karena penasaran saya beranikan diri untuk melihat, mengintip asal suara itu. tertegun saya melihatnya, karena suara itu berasal dari seorang yang berjalan sambil mengayunkan tongkat,….saya yakinkan bahwa seorang yang sedang berjalan sambil mengayunkan tongkat itu adalah, seorang buta.

dilain kesempatan, pada waktu saya berjalan keluar rumah untuk mencari makan malam, kembali saya diherankan oleh pandangan yang saya lihat. Disudut gang yang saya lewati, terdapat beberapa orang sedang berkumpul dan berbicara, ngobrol. mereka adalah -seorang yang berjalan sambil mengayunkan tongkat-.

saya heran, kok bisa ya mereka berkumpul padahal -mungkin- mereka belum mengenal satu dengan lainnya, atau kok bisa ya mereka menemukan jalan untuk bertemu, siapa yang menuntun mereka?? Siapa yang menunjukkan kepada mereka bila jalan didepan mereka ada lubang, kendaraan, tiang listrik?? Siapa yang menunjukkan bahwa teman yang mereka ajak bicara juga sama senasib dengan mereka??

beberapa informasi yang saya dapatkan, mereka memiliki keahlian memijit, dan kebanyakan keahlian itu mereka jadikan sebagai profesi mereka. teman saya bilang, “orang buta saja bisa melihat, kita yang bisa melihat malah sering pura-pura buta“, saya tidak tahu maksudnya apa teman saya berkata seperti itu.

yah..memang dunia itu indah…andai kita bisa melihatnya. semoga memberi inspirasi.


Tinggalkan Balasan

Kategori

